Search

Memuat...

26 Agustus 2012

Penjelasan Tentang Darah Manusia

 
Darah manusia adalah cairan jaringan tubuh,fungsi utamanya adalah mengangkut oksigen yang diperlukanoleh sel-sel diseluruh tubuh dengan nutrisi,mengangkut zat-zat sisa metabolisme,dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang yang bertujuan mempertahan tubuh dari berbagai penyakit,hormon-hormon dari sistem endokrin,juga diedarkan melalui darah.


Darah manusia berwarna merah,antara merah terang,apabila kaya oksigen sampai merah tua apabila kekurangan oksigen,warna merah pada darah disebabkanoleh hemoglobin,protein pernapasan(respiratory protein)yang mengandung besi dalam bentuk heme,yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul oksigen.

Manusia memiliki sistem peredaran darah tertutup yang berarti darah mengalir dalam pembuluh darah dan disirkulasi oleh jantung.darah dipompa oleh jantung menuju paru-paru untuk melepaskan sistem metabolisme berupa karbon dioksida dan menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis,setelah itu darah diturunkan dikirimkan ke seluruh tubuh oleh saluran pembuluh darah aorta,darah mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh melalui saluran halus darah yang disebut pembuluh kapiler.Darah kemudian kembali ke jantung melalui pembuluh darah vena cava superior dan vena inferior.

Darah juga mengangkut bahan-bahan sisa metabolisme,obat-obatan dan bahan kimia asing ke hati untuk diuraikan dan keginjal untuk dibuang sebagia air seni.



Semoga artikel Penjelasan Tentang Darah Manusia bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Penjelasan Tentang Darah Manusia ini, like dan bagikan ketemanmu.

Poskan Komentar

Katsanakes - All Right Reserved.Powered By Blogger
and JimsonTemplate Edit by : Katsanakes