Search

Memuat...

11 Desember 2012

Klasifikasi Materi


Materi yang terdapat dialam dapat diklasifikasikan (dikelompokkan) sebagai berikut:
  • Unsur adalah zat yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana.pada unsur,terdiri atas kumpulan atom yang sejenis.contoh : unsure besi yang tidak bisa diuraikan menjadi zat lain tetapi hanya dapat diuraikan menjadi zat lain tetapi hanya dapat diuraikan menjadi atom besi.unsur besi hanya terdiri atas kumpulan atom besi.
  • Senyawa adalah zat tunggal yang oleh beberapa jenis unsure.pada senyawa,terdiri atas kumpulan atom yang berbeda jenis yang saling terikat secara kimia.contoh :senyawa air lambing H2O terbentuk olh dua jenis unsure yaitu unsure hydrogen (H) dan unsure oksigen(O)
  • Campuran adalah zat yang terbentuk dari beberapa jenis zat,yang sifat-sifat zat pembentuknya tetap(masih ada) .contoh :larutan gula,terbentuk oleh air dan gula,sifat gulanya masih ada dalam larutan yang ditunjukkan rasa larutan manis.campuran terbagi menjadi 2 yaitu :

a.     campuran homogen (materi homogen),pada campuran ini batas zat-zat penyusunnya masih dapat dilihat atau dikenal dan sifat-sifat zat penyusunya masih ada.
contoh : emas 22 karat terbentuk daru emas dan perak,tetapi logam perak dan emas tidak Nampak dalam materi homogen tersebut.
b.    Campuran Heterogen,adalah pada campuran ini,batas zat penuysunnya masih dapat dilihat atau dikenal dan sifat-sifat zat penyusunnya masih ada.
contoh :campuran yang terbentuk oleh air dan minyak goring.dalam campuran ini,minyak dan airnya dapat dilihat dengan jelas.



Semoga artikel Klasifikasi Materi bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Klasifikasi Materi ini, like dan bagikan ketemanmu.

Poskan Komentar

Katsanakes - All Right Reserved.Powered By Blogger
and JimsonTemplate Edit by : Katsanakes